Benchmarking ke Unit Kearsipan Universitas Brawijaya, Perpustakaan UBB Belajar Pengelolaan Arsip

Benchmarking ke Unit Kearsipan Universitas Brawijaya, Perpustakaan UBB Belajar Pengelolaan Arsip

UPT Perpustakaan UBB -- Pada Selasa, 22 Agustus 2023 Perpustakaan UBB melakukan kegiatan benchmarking ke Unit Kearsipan Universitas Brawijaya. Kegiatan benchmarking tersebut merupakan salah satu agenda UPT Perpustakaan UBB tahun 2023, dimana kegiatan tersebut sebagai upaya UPT Perpustakaan UBB untuk melakukan studi tiru dan mengadopsi beberapa hal yang dapat diterapkan di Universitas Bangka Belitung khususnya UPT Perpustakaan UBB.

Kedatangan kepala UPT Perpustakaan UBB, Bapak Muhammad Jumnahdi, S.T., M. T beserta tiga orang pustakawan Universitas Bangka Belitung disambut langsung oleh kepala Subdivisi Tata Usaha Dan Kearsipan Universitas Brawijaya, Bapak Rizki Mustafani, S. Kom beserta staf. Dalam sambutannya Bapak Rizki Mustafani mengatakan mereka sangat mengapresiasi dan senang sekali atas kunjungan dari UPT Perpustakaan UBB serta akan menyalurkan apa yang telah diterapkan di Unit Kearsipan Universitas Brawijaya. Sementara kepala UPT Perpustakaan UBB menyampaikan langsung maksud dan tujuan melakukan kunjungan kali ini. Adapun kunjungan kali ini untuk menambah pengetahuan bagaimana pengelolaan arsip yang sesuai standar, hal ini dilakukan mengingat akan ada perpubahan OTK di Universitas Bangka Belitung.

Dalam pertemuan tersebut, beberapa hal yang didiskusikan mengenai jenis arsip, standar yang menjadi acuan dalam pengelolaan arsip, komitmen bersama bahwa arsip salah satu hal yang sangat penting di perguruan tinggi, perlakuan arsip berdasarkan jenisnya, pengelolaan arsip, mulai dari arsip masuk/diterima, diolah dan disimpan/diarsipkan sesuai standar. Disampaikan juga bahwa pengelolaan arsip ini sarana dan prasarana yang digunakan harus sesuai standar yang disaranakan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Setelah berdiskusi, rombongan UPT Perpustakaan UBB diajak berkeliling melihat secara langsung proses pengarsipan, alat dan bahan serta sarana dan prasana yang digunakan dalam pengelolaan arsip. Melalui kegiatan ini, diharapkan akan terjalin komunikasi dan kerjasama yang baik antara kedua  instansi, terutama dalam pengembangan dan pengeloaan arsip.
Setelah rangkaian acara di Unit Kearsipan berakhir, rombongan UPT Perpustakaan UBB menyempatkan diri untuk berkunjung ke Perpustakaan Brawijaya.