100 Mahasiswa Ikuti Lokakarya Digital Literasi Tingkat Perguruan Tinggi Se- Bangka Belitung

100 Mahasiswa Ikuti Lokakarya Digital Literasi Tingkat Perguruan Tinggi Se- Bangka Belitung

Bangka, Perpustakaan UBB – Pada hari Selasa, 14 Maret 2023, Perpustakaan Universitas Bangka Belitung menyelenggarakan kegiatan lokakarya digital literasi tingkat Perguruan Tinggi se-Bangka Belitung angkatan ke-II di SUN Hotel, Pangkalpiang, dengan tema strategi penelusuran informasi dan pemanfaatan reference tool mendeley.

Kegiatan yang dibuka oleh Rektor Universitas Bangka Belitung Prof, Dr. Ibrahim, M.Si tersebut diikuti oleh Mahasiswa dari Universitas Bangka Belitung, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, IAIN SAS Bangka Belitung, ISB Atma Luhur Bangka Belitung dan Polman Bangka Belitung.

Dalam sambutannya, Kepala Perpusakaan Universitas Bangka Belitung Bapak Muhammad Jumnahdi, ST., M.T. menyampaikan jumlah peserta yang hadir pada kegiatan tersebut berjumlah 100 orang dengan rincian 92 orang merupakan mahasiswa Universitas Bangka Belitung dan 8 orang mahasiswa dari luar Universitas Bangka Belitung, dan dari jumlah tersebut sebanyak 80 orang adalah mahasiswa strata satu dan 12 orang adalah mahasiswa strata dua.

Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kualitas karya ilmiah sebagai salah satu syarat menyelesaikan studi, sebagaimana yang disampaikan oleh Rektor Universitas Bangka Belitung, Prof, Dr. Ibrahim, M.Si bahwa “mahasiswa harus mengetahui cara pengutipan yang benar dan juga wajib memiliki kemampuan menulis artikel ilmiah, selain sebagai syarat menyelesaikan studi, kemampuan menulis artikel ilmiah juga sangat membantu ketika mahasiswa ingin mendapatkan beasiswa pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi S2 atau S3

Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah pustakawan dari lingkungan Perpustakaan Universitas Bangka Belitung sendiri yaitu Janfrist Pagendo Purba, S.Sos. dan Arja Kusuma, SIP., M.IP. dan kegiatan tersebut dimoderator oleh Darma, S.I. Pust.

Dari pemaparan manteri yang disampaikan oleh kedua Narasumber tersebut, moderator menyimpulkan bahwa startegi penelusuran informasi itu sangat penting guna mendapatkan informasi yang relevan dengan kebutuhan, apalagi ditengah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang menyebabkan informasi semakin melimpah. Selain itu, pemanfaatan reference tool mendeley juga dapat memudahkan mahasiswa dalam melakukan pengelolaan referensi, sitasi dan pembuatan daftar pustaka dalam pembuatan karya ilmiah (Nely Maryati & Arja Kusuma)