Perpustakaan UBB Kenalkan Perpustakaan ke Maba melalui Kegiatan Pendidikan Pemakai

Perpustakaan UBB Kenalkan Perpustakaan ke Maba melalui Kegiatan Pendidikan Pemakai

UPT Perpustakaan UBB menggelar kegiatan pendidikan pemakai untuk mahasiswa baru Universitas Bangka Belitung tahun 2022, dimana tahun ini UBB menerima mahasiswa sebanyak 1.935 orang yang berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 5 s.d 16 September 2022 yang diselenggarakan secara hybrid yakni offline dan online, untuk sesi offline dilaksanakan di ruang rapat besar lantai 2 gedung babel IV, sementara sesi online dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi google meet. Untuk kegiatan offline dibagi dalam dua sesi setiap sesi maksimal peserta berjumlah 75 orang, adapun fasilitator pada kegiatan ini adalah pustakawan. 
Pendidikan pemakai merupakan salah satu agenda rutin tahunan UPT Perpustakaan, kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman terkait dengan sistem, layanan maupun fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh pemustaka khususnya mahasiswa baru, disamping itu pendidikan pemakai juga menjadi media promosi perpustakaan. Dari total semua mahasiswa baru Universitas Bangka Belitung, belum seluruhnya mengikuti kegiatan ini, hal ini menjadi catatan bagi perpustakaan untuk membenahi aturan terkait dengan pelaksanaan pendidikan pemakai di tahun berikutnya. 
Seperti kita ketahui bahwa proses belajar atau pola pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan perguruan tinggi itu sangat berbeda, dimana di perguruan tinggi mahasiswa dituntut untuk belajar mandiri sementara dosen hanya sebagai fasilitator. Oleh karena itu mahasiswa harus beradaptasi serta mempunyai keterampilan atau softskill. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh mahasiswa adalah literasi, mengapa ini penting karena dengan litearsi mahasiswa akan lebih mudah mengikuti proses perkuliahan selama di perguruan tinggi. Melalui kegiatan pendidikan pemakai mahasiswa baru dibekali softskill terkait dengan kemampuan menggunakan sumber informasi yang ada di perpustakaan sebagai referensi dalam proses perkuliahan, disamping itu dalam kegiatan pendidikan pemakai mahasiswa baru juga dibekali keterampilan literasi agar tidak terjebak dengan informasi yang abu-abu serta dapat memanfaatkan informasi yang ada di perpustakaan secara optimal.
UPT Perpustakaan terus mendukung proses belajar mengajar di kampus Universitas Bangka Belitung dalam rangka mencetak mahasiswa yang berkompeten melalui penyediaan layanan dan fasilitas serta informasi ilmiah. (Darma)