Musrenbang UBB: UPT Perpustakaan Fokus Pengembangan Koleksi Prodi Baru dan Magister

Musrenbang UBB: UPT Perpustakaan Fokus Pengembangan Koleksi Prodi Baru dan Magister

UPT Perpustakaan UBB - Dalam rangka penguatan program dan target capaian unit kerja tahun 2023, Universitas Bangka Belitung menyelenggarakan musyawarah perencanaan dan pengembangan (Musrenbang) di Soll Marina Bangka Hotel & Conference Center, pada Hari Senin, 4 Juli 2022.


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Rektor UBB, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Sistem Informasi dan Kerjasama, Ketua SPI, Ketua Senat Universitas, Dekan, Kepala Biro, Lembaga, UPT, Ketua Program Studi serta perwakilan dosen dari beberapa program studi di lingkungan Universitas Bangka Belitung.


Musrenbang merupakan agenda tahunan, dimana pimpinan universitas, fakultas, lembaga dan  unit memaparkan arah pengembangan dan melakukan diskusi langsung terkait hal tersebut. Dalam kegiatan musrenbang tersebut, seluruh pimpinan fakultas, lembaga dan unit memaparkan kegiatan dan penganggaran tahun 2023 sebagaimana telah diusulkan dalam RKA-KL masing-masing tahun 2023, sebaran total dana RKA-KL tahun 2023 berdasarkan bidang usulan Tri Dharma, agenda utama unit kerja tahun 2023 baik yang sudah didukung anggaran maupun yang belum serta rencana pengembangan institusi unit kerja di tahun 2023.


Dalam pemaparannya, Rektor Universitas Bangka Belitung menyampaikan bahwa “Universitas Bangka Belitung nantinya akan membuka beberapa program studi baru salah satunya adalah program studi kedokteran, disamping itu juga gedung perkuliahan akan diperluas sampai ke pulau Belitung”.  Sedangkan UPT Perpustakaan UBB  yang diwakili Darma, S.I.Pust memaparkan terkait arah perencanaan dan pengembangan UPT Perpustakaan pada tahun 2023. Dalam pemaparannya Darma, S.I.Pust menyampaikan bahwa UPT Perpustakaan UBB pada tahun 2023 akan fokus pada kegiatan berikut; 1) Penambahan koleksi buku Program Studi S1; 2) Pengadaan koleksi buku Program Studii S2; 3) Pengadaan/berlangganan Jurnal; 4) Penambahan ruang perpustakaan.


Setelah pemaparan selesai, kemudian acara dilanjutkan dengan diskusi kelompok, dimana diskusi dibagi dalam tiga kelompok yaitu diskusi kelompok terarah bidang pengembangan kelembagaan, bidang akademik dan bidang penelitian dan pengabdian. Dalam diskusi ini setiap orang perwakilan fakultas, lembaga, unit diberi kesempatan untuk menyampaikan masukan, kendala dan kebutuhan terutama dalam proses belajar mengajar, yang nantinya pimpinan universitas akan melakukan perbaikan maupuan pengembangan. Musrenbang menjadi salah satu momentum yang sangat tepat bagi pengelola program studi, lembaga maupun UPT untuk mengkomunikasikan ke pimpinan terkait dengan kebutuhan di lapangan.

Penulis: Darma. S.I.Pust