UPT Perpustakaan UBB dikunjungi siswa/siswi dan guru dari MA dan MTs An-Najah Payabenua.

UPT Perpustakaan UBB dikunjungi siswa/siswi dan guru dari MA dan MTs An-Najah Payabenua.

Kamis, 23 Juni 2022, UPT Perpustakaan UBB dikunjungi rombongan siswa/siswi dan guru dari Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) An-Najah Payabenua, kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah An-Najah Payabenua Bapak Fitriyadi, S.Kom.I dan Wakil Kepala Sekolah Madrasah Aliyah, Bapak Apriyadi. Adapun jumlah siswa/siswi dan guru dalam rombongan tersebut kurang lebih Lima Puluh oarang.

Kedatangan rombongan tersebut disambut langsung oleh pustakawan UBB dan Koordinator Ketatausahaan UPT Perpustakaan, Bapak Jan frist Pagendo Purba, Sos, dan kemudian rombongan dipersilahkan masuk ke ruangan serba guna UPT Perpustakaan UBB. Kemudian Pustakawan, Arja Kusuma menjelaskan hal-hal terkait dengan perpustakaan, fasilitas, layanan-layanan di Perpustakaan UBB. Setelah mendapatkan penjelasan singkat tersebut, kemudian rombongan di persilahkan untuk melihat-lihat secara langsung fasilitas dan layanan di Perpustakaan UBB.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Sekolah MTs An-Najah menyampaikan pertanyaan terkait pengelolaan perpustakaan, peningkatan kunjungan dan minat baca dikalangan siswa/siswi. Menurut Arja Kusuma selaku pustakawan UBB menjelaskan bahwa persoalan tersebut bukan hanya menjadi kendala di perpustakaan sekolah seperti MA dan MTs An-Najah, namun juga semua perpustakaan terutama yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, perpustakaan sekolah dan perguruan tinggi lebih diuntungkan jika dibandingkan dengan perpustakaan lainnya karena segmentasi penggunanya sudah jelas yaitu siswa/siswi, selanjutnya tergantung bagaimana perpustakaan berinovasi dan melakukan pendekatan persuasif terhadap siswa/siswi, seperti melakukan kegiatan pendidikan pemakai (sosialisasi) kepada siswa/siswi dan selalu menceritakan kesuksesan orang lain atau tokoh yang dipengaruhi oleh kebiasaan mereka dalam memanfaatkan perpustakaan kepada para siswa/siswi.

Selanjutnya pengelola perpustakaan MA dan MTs juga bertanya tentang bagaimana teknis mengelola perpustakaan, sehingga salah satu tujuan dari rombongan MA dan MTs An-Najah Payabenua berkunjung Ke UPT Perpustakaan UBB adalah melakukan penjajakan perjanjian kerjasama dengan UPT Perpustakaan terkait dengan hal tersebut (Neli).