Pemilihan Duta Perpustakaan Universitas Bangka Belitung tahun 2022

Pemilihan Duta Perpustakaan Universitas Bangka Belitung tahun 2022

UPT Perpustakaan Universitas Bangka Belitung melaksanakan kegiatan pemilihan duta perpustakaan tahun 2022. Sebelumnya, kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2017 yang kemudian diadakan kembali per dua tahun sekali. Namun, pada tahun 2019 bertepatan dengan perpindahan gedung perpustakaan yang baru maka kegiatan pemilihan duta perpustakaan tidak dilaksanakan dan direncanakan akan dilaksanakan tahun depannya yaitu tahun 2020. Ketika rencana kegiatan sudah dipersiapkan, namun dengan adanya pembatasan gerak dan kunjungan ke kampus karena pandemi covid-19 maka kegiatan tersebut batal dilaksanakan dan baru bisa terealisasikan pada tahun 2022 ini.

Pemilihan duta perpustakaan tahun 2022 ini dilaksanakan mulai tanggal 30 Maret sampai dengan 19 Mei 2022 dengan masa pendaftaran seleksi berkas 30 Maret hingga 9 Mei 2022. Pengumuman hasil seleksi berkas pada tanggal 10 Mei 2022 yang menyaring peserta sehingga didapatkan 21 peserta yang memenuhi syarat dan berhasil lolos ke seleksi berkas yang kemudian mengikuti seleksi tes tertulis pada tanggal 12 Mei 2022 di UPT Perpustakaan Universitas Bangka Belitung. Seleksi tes tertulis hadir 20 peserta dari 21 peserta yang lolos. Seleksi tes tertulis ini terdiri dari 30 soal pilihan ganda dan 5 esai dengan waktu pengerjaan 60 menit. Dari hasil seleksi tes tertulis disaring menjadi 10 finalis duta perpustakaan. Kesepuluh finalis duta perpustakaan tersebut diberikan tantangan yaitu membuat video reels promosi perpustakaan pada akun sosial media instagram masing-masing finalis. Adapun tema yang diangkat dalam pembuatan video reels sebagai promosi perpustakaan antara lain layanan perpustakaan, fasilitas perpustakaan, sarana dan prasarana perpustakaan, ajakan untuk datang ke perpustakaan dan hal-hal yang berkaitan dengan perpustakaan.

Selanjutnya, seleksi wawancara akan diikuti oleh kesepuluh finalis pada tanggal 17 Mei 2022 bertempat di UPT Perpustakaan Universitas Bangka Belitung. Setelah itu akan dipilih dua finalis yang menjadi duta perpustakaan Universitas Bangka Belitung tahun 2022 dan dianugerahkan sebagai duta perpustakaan pada tanggal 19 Mei 2022. Finalis yang terpilih menjadi duta perpustakaan Universitas Bangka Belitung mendapatkan slempang duta perpustakaan, piagam penghargaan serta uang pembinaan. Duta perpustakaan yang telah ditetapkan akan menjadi bagian dari UPT Perpustakaan Universitas Bangka Belitung dan dilibatkan pada setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh UPT Perpustakaan terutama dalam kegiatan promosi perpustakaan. (Suci Rhomana Sari)