Pustakawan Ikuti Sosialisasi Pedoman Penilaian Lomba Website dan Media Sosial UBB

Pustakawan Ikuti Sosialisasi Pedoman Penilaian Lomba Website dan Media Sosial UBB

Promosi perpustakaan di era digital memiliki tantangan tersendiri bagi pustakawan sebagai pengelola informasi dan dokumentasi. Kecepatan akses, keterbaruan informasi serta kemudahan mendapatkan informasi yang dibutuhkan menjadi hal yang harus disikapi secara bijak. Pustakawan dengan tugas dan fungsinya, tentunya dapat memanfaatkan media sosial sekreatif mungkin sebagai salah satu media promosi perpustakaan. Selaras dengan hal tersebut, Universitas Bangka Belitung sudah dua tahun melaksanakan lomba pengelolaan website dan media sosial bagi seluruh jurusan, fakultas, unit, lembaga dan biro yang ada di Universitas Bangka Belitung. Perlombaan tersebut dilakukan penilaian secara periodik enam bulan sekali yaitu Januari – Juni dan Juli – Desember. Pada penilaian dua tahun terakhir, UPT Perpustakaan dua tahun berturut-turut menjadi juara umum dalam penilaian media sosial yang dilakukan Universitas Bangka Belitung.

Mengingat pentingnya perlombaan tersebut di lingkungan Universitas Bangka Belitung untuk meningkatkan promosi kampus maka pada hari Selasa, 19 April 2022 dilaksanakannya  sosialisasi pedoman penilaian lomba website dan media sosial di balai besar peradaban yang dihadiri langsung oleh Wakil Rektor III bidang perencanaan, sistem informasi dan kerjasama, Dr. Dwi Haryadi, S.H., M.H dan Kepala UPT TIK, Rion Apriadi, S.P., M.Si serta diikuti oleh seluruh pengelola website dan media sosial jurusan, fakultas, unit, lembaga, dan biro yang ada di Universitas Bangka Belitung. Dalam hal ini UPT Perpustakaan diwakili oleh pustakawan Suci Rhomana Sari sebagai pengelola media sosial perpustakaan.
Saat dilaksanakannya sosialisasi tersebut Dr. Dwi Haryadi, S.H., M.H dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan diadakannya kegiatan sosialisasi. Tujuan diadakannya kegiatan sosialisasi pedoman penilaian agar pengelola website dan media sosial di jurusan, fakultas, unit, lembaga dan biro Universitas Bangka Belitung dalam mengelola terdapat acuan yang baku dan indikator penilaian yang jelas dan terbuka. Dalam sambutannya pun, beliau mengutip perkataan Rektor Universitas Bangka Belitung, Dr. Ibrahim, S.Fil., M.Si yang seringkali menyampaikan dalam beberapa kesempatan pidatonya berharap bahwa setiap unit atau setiap person menjadi humasnya UBB yang tentunya bertujuan agar segala informasi yang ada di Universitas Bangka Belitung dapat disebarluaskan dengan baik ke masyarakat umum.

Disampaikan pula oleh Kepala UPT TIK, Rion Apriadi, S.P., M.Si dalam pemaparan materi mengenai pedoman penilaian lomba ini bahwa website dapat dibuat seinformatif mungkin dan media sosial dibuat dan dikemas sekreatif mungkin. Kemudian, ada media sosial yang dulunya dilombakan dan untuk penilaian periode ini dihilangkan dengan beberapa pertimbangan, yaitu media sosial LinkedIn yang digantikan dengan media sosial Tiktok. Setelah dilakukannya pemaparan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari peserta sosialisasi yang mana setiap pertanyaan dijawab secara langsung sembari berdiskusi.

UPT Perpustakaan terkait hal ini tentunya semakin meningkatkan strategi promosi perpustakaan. Tidak hanya karena ingin menjuarai perlombaan namun memang sudah fungsinya perpustakaan sebagai agen informasi. Perpustakaan dapat memanfaatkan setiap tools yang ada di media sosial dengan sekreatif mungkin untuk menyebarluaskan setiap informasi, agenda serta hal-hal apa saja yang berkenaan dengan perpustakaan dan dunia literasi. Kesadaran akan hausnya pemustaka dalam mendapatkan informasi menjadi semangat para pustakawan UPT Perpustakaan UBB sebagai pengelola informasi dan dokumentasi untuk meningkatkan promosi perpustakaan. (Suci Rhomana Sari)