UPT Perpustakaan Raih Empat Penghargaan

UPT Perpustakaan Raih Empat Penghargaan

Universitas Bangka Belitung kembali memberikan apresiasi/penghargaan terhadap media sosial teraktif dan terinformatif serta website terbaik periode Januari-Juni 2021 kepada unit kerja baik biro, fakultas, lembaga dan UPT serta program studi di lingkungan Universitas Bangka Belitung. Pengumuman hasil penilaian website dan media sosial ini dilaksanakan secara online melalui zoom meeting dan offline di ruang balai besar peradaban, gedung rektorat Universitas Bangka Belitung, yang dihadiri oleh rektor, wakil rektor, dekan, kepala upt dan lembaga.                             
Kegiatan ini di buka langsung oleh Bapak Ibrahim selaku rektor Universitas Bangka Belitung. Dalam sambutannya rektor berpesan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19, disamping itu pada kesempatan ini rektor menyampaikan bahwa untuk periode kali ini insentif hanya diberikan kepada pemenang pertama dalam bentuk tambahan dana RKA-KL tahun anggaran 2021, kedepannya insentif tidak hanya diberikan untuk pemenang pertama saja. Apresiasi ini sebagai bentuk penghargaan kepada unit kerja dalam mengelola media sosial dan website sebagai sumber informasi, dengan adanya apresiasi ini diharapkan media sosial dan website yang dikelola oleh unit kerja dapat berfungsi secara optimal.
Beberapa media sosial yang diapresiasi meliputi instagram, facebook, twitter, youtube dan linkedln, adapun indikator penilaian untuk media sosialisasi:
1.    Instagram mencakup
a.    Jumlah postingan;
b.    Jumlah followers;
c.    Jumlah like postingan;
d.    Penilaian komentar di postingan (ada atau tidaknya komentar yang muncul);
e.    Penilaian caption (menilai seberapa informatif dan menarik);
f.    Penilaian variasi konten (menilai tingkat variasi konten)
2.    Faceebook
a.    Jumlah followers/pertemanan/member
b.    Jenis konten
c.    Jumlah konten/postingan
d.    Manajemen konten
e.    Social engagement

3.    Twitter
a.    Jumlah postingan
b.    Jumlah followers
c.    Engagement/ketertarikan (like, replay, share dan retweet)
4.    Youtube
a.    Jumlah video yang diposting
b.    Jumlah subscriber
c.    Jumlah viewers
d.    Engagement/ketertarikan (like, dislike, coment dan share)
5.    Linkedln
a.    Jumlah postingan
b.    Jumlah followers
c.    Engagement/ketertarikan (like, komentar, bagikan, kirim)
Sementara indikator penilaian untuk website sumber data penilaian menggunakan 2 kriteria yaitu kualitatif dan kuantitatif.

  1. Penilaian kualitatif menacakup: analisis tim penilai langsung ke masing-masing website yang meliputi variabel nilai seperti update web, kreatifitas konten, kerapihan tampilan, kelengkapan konten, error link dan kesesuaian link masing-masing website.
  2. Penilaian kuantitatif menggunakan data yang bersumber dari website penilai kinerja dari https://checkpagerank.net dan https://nibbler.silktide.com

Untuk periode ini UPT Perpustakaan sebagai salah satu unit kerja di Universitas Bangka Belitung meraih empat penghargaan sekaligus, dua diantaranya meraih peringkat I yaitu Instagram dan linkedln, untuk media sosial facebook dan twitter berada pada peringkat II. Sementara website UPT Perpustakaan berada pada peringkat ke tujuh. Dengan mendapatkan penghargaan tersebut, UPT Perpustakaan termotivasi untuk terus berinovasi terutama dalam meningkatkan layanan bagi pemustaka khususnya kepada sivitas akademika Universitas Bangka Belitung. Kedepannya UPT Perpustakaan berharap dapat menjadi yang terbaik terutama dalam memberikan informasi yang dibutuhkan pemustaka baik itu melalui media sosial maupun website (Darma).