Partisipasi Pustakawan UBB mengikuti Bibliobattle

Partisipasi Pustakawan UBB mengikuti Bibliobattle

Dalam upaya meningkatkan minat baca Perpustakaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI mengadakan lomba Bibliobattle dan pembudayaan kegemaran membaca, berkaitan dengan hal tersebut pustakawan UBB yaitu Suci Rhomana Sari ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut yang dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting pada tanggal 15 - 16 Juli 2021. Adapun tahapan lomba yaitu peserta mengirimkan hasil review buku yang telah mereka pilih dan dipresentasikan. Presentasinya dibagi menjadi lima group,   group satu dan dua presentasinya jam 10.00 – 12.00 WIB, group tiga dan empat jam 13.00 – 15.00 WIB sedangkan group lima hari berikutnya.

Masing-masing group terdiri dari lima peserta dan setiap peserta diberikan waktu lima menit persentasi dan tiga menit waktu tanya jawab dengan audiens.  Penentuan juara per group diumumkan secara langsung melalui voting dalam forum tersebut. Setiap group diambil satu pemenang yang akan dilombakan kembali dengan peserta pemenang dari group lainnya di hari kunjung perpustakaan.  Diumumkan juga 10 audiens dengan pertanyaan terbaik yang mendapatkan doorprize. Salah satu audiens yang mendapatkan doorprize yaitu Neli Maryati yang merupakan pustakawan UBB.

Pada kesempatan tersebut, Suci mengatakan keikutsertaannya merupakan pengalaman pertama semenjak bergabung dalam keluarga besar UPT Perpustakaan Universitas Bangka Belitung.  Kesan yang luar biasa Suci dapatkan dari lomba tersebut karena dapat berjumpa dengan peserta dari berbagai daerah dan profesi baik dari dosen, penulis, pustakawan, guru dan mahasiswa walaupun melaui zoom meeting.

Lomba ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan, kekurangan dan kualitas dari buku yang direview agar menarik untuk dibaca. Selain itu,  untuk memberi informasi kepada pembaca tentang suatu hal yang menarik dari buku tersebut dan mengajak atau membuat pembaca semakin penasaran. Walaupun pustakawan UBB belum berkesempatan juara dalam lomba tersebut tetapi tidak membuat pustakawan menjadi patah semangat. Harapannya semoga tahun depan lomba ini diselenggrakan kembali agar pustakawan UBB dapat berpartisipasi kembali dan memenangkan lomba tersebut. (Neli & Suci)