UPT Perpustakaan UBB Lakukan Rapat Koordinasi Rencana Kerja Tahun 2021 dan Persiapan Layanan di Masa New Normal

UPT Perpustakaan UBB Lakukan Rapat Koordinasi Rencana Kerja Tahun 2021 dan Persiapan Layanan di Masa New Normal

UPT Perpustakaan UBB, pada tanggal 02 Juni 2020 melaksanakan rapat koordinasi. Rapat tersebut dilaksanakan di Gedung Perpustakaan UBB, ruang sirkulasi dan dihadiri oleh kepala UPT Perpustakaan UBB, Kasubbag TU, staff perpustakaan dan pustakawan yang ada di UPT Perpustakaan UBB. Agenda yang dibahas dalam rapat tersebut terkait dengan rencana kerja perpustakaan pada tahun 2021, dan prosedur layanan pembuatan bebas pustaka di UPT Perpustakaan UBB Pada  masa COVID-19.

Dalam rapat tersebut disepakati rencana kerja perpustakaan tahun 2021, yang terdiri dari kegiatan rutin tahunan dan kegiatan baru yang akan dilaksanakan pada rencana kerja tahun 2021. Rencana kerja UPT Perpustakaan UBB tahun 2021 tersebut sudah disesuai dengan visi-misi UPT Perpustakaan UBB yaitu “Menjadi pusat layanan informasi ilmiah yang kredibel dalam mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi berdasarkan keunggulan mental, moral, dan intelektual, yang tujuan akhirnya adalah untuk mendukung terwujudnya visi dan misi Universitas Bangka Belitung.

Terkait dengan layanan bebas pustaka bagi mahasiswa yang akan yudisium dan wisuda, dalam rapat tersebut disepakati untuk pembuatan bebas pustaka dilakukan secara online, dengan syarat dan ketentuan berlaku sebagai berikut (1) mahasiswa harus meng-upload mandiri file skripsi ke repository ubb dengan mengacu pada ketentuan yang telah dibuat oleh UPT Perpustakaan UBB, jika tidak sesuai dengan ketentuan tersebut maka file skripsi yang sudah diupload akan dikembalikan untuk diperbaiki; (2) mahasiswa tidak memiliki tanggungan di UPT Perpustakaan UBB; (3) jika syarat pertama dan kedua sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, maka akan diproses untuk pembuatan bebas pustaka dan jika sudah selesai dibuat akan dikirim melalui email. Syarat dan ketentuan tersebut berbeda dengan syarat dan ketentuan pembuatan bebas pustaka pada masa normal. Karena pada masa pandemi COVID-19 semua proses pembuatan bebas pustaka dilakukan secara online, untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19. Keputusan tersebut disepakati dengan mempertimbangkan masukan dari kepada UPT Perpustakaan UBB terkait dengan efektivitas dan efesiensi dalam memberikan layanan bebas pustaka kepada mahasiswa ditengah wabah COVID-19, dan rekomendasi dari LP3M terkait pembuatan bebas pustaka secara online, selain itu juga, masukan dari anggota rapat terkait dengan sarana dan prasarana dan aturan di UPT Perpustakaan UBB.

Dalam rapat tersebut, juga dibahas terkait dengan layanan online skripsi, khusus bagi mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Pembahasan terkait dengan hal tersebut kemudian dilanjutkan pada tanggal 5 Juni 2020, Adapun hasil rapat tersebut adalah perpustakaan menyediakan layanan skripsi online, bagi mahasiswa yang sedang membuat skripsi dan membutuhkan referensi skripsi yang ada di UPT Perpustakaan UBB. Syarat dan ketentuan untuk layanan skripsi online dapat dilihat pada IG dan Facebook UPT Perpustakaan UBB. dan juga dalam rapat tersebut disepakati bahwa UPT perpustakaan UBB mulai membuka layanan manual khusus untuk pengembalian buku pada tanggal 8 Juni 2020. sedangkan untuk peminjaman belum bisa dilakukan, mengigat perpustakaan sedang melakukan stock opname untuk koleksi buku. Mahasiswa datang ke UPT Perpustakaan UBB untuk mengembalikan buku akan dilayani jika sesuai dengan ketentuan protokol kesehatan yang berlaku dimas pandemic COVID-19 yaitu menggunakan masker, mencuci tanggan sebelum masuk ke UPT Perpustakaan, jaga jarak antara 1,5 s.d. 2 meter (untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada IG dan facebook UPT Perpustakaan UBB) Arja Kusuma)