Tim Pengabdian Dosen dan UPT Perpustakaan UBB Gelar Kegiatan Sosialisasi Digital Literasi Anti Hoax ke ribuan Mahasiswa Baru UBB

Tim Pengabdian Dosen dan UPT Perpustakaan UBB Gelar Kegiatan Sosialisasi Digital Literasi Anti Hoax ke ribuan Mahasiswa Baru UBB

Balunijuk, Ribuan Mahasiswa Baru yang berasal dari 20 program studi di UBB mengikuti Sosialisasi tentang Digital Literasi Anti Hoax yang diselenggarakan oleh Dosen Penerima Hibah Pengabdian Tingkat Jurusan UBB Tahun 2019. Kegiatan ini bekerjasama dengan Perpustakaan UBB dan dilaksanakan selama 10 hari bertempat di Ruang Rapat Besar Gedung Babel IV UBB. Kegiatan Hibah Pengabdian Dosen Tingkat Jurusan tahun 2019 mengusung tema Sosialisasi “Melalui Digital Literasi Wujudkan Generas Anti Hoax”. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang pengertian hoax, latar belakang seseorang memproduksi dan menyebarkan hoax, siklus penyebaran informasi dan hoax, media penyebaran hoax, lingkaran penyebaran hoax, dan cara mengantisipasi hoax.

Pemateri dalam kegiatan ini melibatkan pustakawan di lingkup UBB. Ada sekitar 8 (delapan) orang pustakawan yang memberikan materi serta memfasilitasi kegiatan sosialisasi ini.

Menurut salah seorang pemateri, Arja Kusuma, SIP., MIP. yang sekaligus pustakawan UBB mengatakan Hoax ada dimana-mana, kapanpun bisa menghampiri kita. Hoax tidak bisa dihilangkan, namun dampaknya bisa dikurangi melalui pengajaran digital literasi. Beliau juga berharap setelah sosialisasi digital literasi anti hoax mahasiswa ubb dapat mengantisipasi berita hoax dengan cara berhati-hati dengan judul provokatif, mencermati alamat situs (URL) yang telah terverifikasi, memeriksa fakta dan memverifikasi kebenaran, terlibat dalam berbagai group anti hoax, serta memeriksa keaslian foto yang tersebar dengan menggunakan https://image.google.com/ .

Harapannya setelah mendapatkan materi Digital Literasi Anti Hoax ini Mahasiswa UBB dapat secara arif dan bijaksana dalam menggunakan media sosial dan memahami peran dan fungsi media sosial sebagai sarana digital literasi untuk mencerdaskan diri melalui penyebaran informasi yang baik dan berguna serta memiliki isi ilmu pengetahuan.