Sosialisasi Sistem Informasi Perpustakaan

Sosialisasi Sistem Informasi Perpustakaan

Balunijuk, Perpustakaan UBB-

Tidak dapat dipungkiri perkembangan teknologi berimbas pada perpustakaan, yang mana koleksinya banyak berasal dari sumber elektronik, hal ini yang menjadi peluang perpustakaan terutama perpustakaan perguruan tinggi, dimana dengan segala sumber daya yang ada perpustakaan dapat memberikan kemudahan bagi pemustaka dalam menemukan informasi yang dibutuhkan. Kemudahan dalam mengakses dan memanfaatkan inilah yang menjadi alasan perpustakaan UBB melakukan sosialisasi sistem informasi perpustakaan.

Sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 24 oktober 2018 pukul 09.00 wib yang bertempat di Ruang Rapat besar Gedung Babel IV, kegiatan tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan bagaimana penggunaan sistem informasi yang ada diperpustakaan, sistem informasi tersebut yaitu Repository dan resource guide. Kegiatan tersebut dihadiri oleh masing masing perwakilan dosen dari setiap program studi yang ada di UBB dan dipandu oleh Arja Kusuma selaku perwakilan dari pustakawan UBB. Beberapa dosen bahkan baru mengetahui bahwa perpustakaan telah memiliki sistem tersebut oleh karenanya mereka sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut bahkan menyarankan agar disosialisasikan kejurusan-jurusan.

Inti dari sosialisasi tidak lain untuk memberikan panduan bagi civitas akademik dalam menggunakan lokal konten yang ada di perpustakaan, dan menawarkan pilihan lain dalam melakukan pencarian informasi baik berupa ebook, jurnal terakreditasi nasional maupun internasional yang terindeks dibeberapa indeks populer didunia. (Septi, Janfrist Pagendo Purba).