1010 Mahasiswa Baru UBB Ikuti Pendidikan Pemakai Tahun 2018

1010 Mahasiswa Baru UBB Ikuti Pendidikan Pemakai Tahun 2018

Balunijuk, Perpustakaan UBB. Pendidikan pemakai (User Education) merupakan kegiatan yang diberikan  kepada pengguna perpustakaan mengenai cara menggunakan layanan perpustakaan. Salah satu manfaat utamanya adalah dapat membantu mahasiswa dalam menemukan dan menelusuri informasi yang relevan. Mengingat pentingnya peran dan fungsi perpustakaan bagi mahasiswa baru, maka dari itu tentu di butuhkan pendidikan pemakai, agar mahasiswa memahami layanan dan fasilitas yang ada di perpustakaan UBB.

Pada tanggal 23 Agustus hingga 6 September 2018 UPT Perpustakaan UBB melaksanakan Kegiatan Workshop Pendidikan Pemakai Tahun 2018 di Ruang Rapat Besar Gedung Babel IV UBB. Sebanyak 1010 peserta yang merupakan Mahasiswa/i Baru UBB mengikuti kegiatan tersebut. Workshop pendidikan pemakai tahun 2018 di kawal oleh 6 orang fasilitator, yang semuanya merupakan pustakawan UPT Perpustakaan UBB yakni Arja Kusuma, Jan Frist Pagendo Purba, Darma, Neli Maryati, Merty, dan Nia Erawati.

Workshop pendidikan pemakai merupakan kegiatan UPT Perpustakaan UBB yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru UBB di awal masa-masa perkuliahan. Karena di dalam kegiatan tersebut mencakup pemahaman mengenai cara-cara penggunaan alat bantu penelusuran informasi, seperti OPAC (Online Public Access Catalog)/ Katalog Buku Online, koleksi referensi, dan pengenalan website UPT Perpustakaan UBB serta fasilitas-fasilitas lainnya.

Seluruh peserta workshop pendidikan pemakai mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan acara dengan penuh perhatian, kesungguhan, dan semangat yang tinggi. Pelaksanaan kegiatan workshop pendidikan pemakai tahun 2018 berlangsung selama 11 hari dengan rangkaian kegiatan teori yaitu pemaparan materi oleh para fasilitator dan praktik melalui tour ke UPT Perpustakaan UBB. (Nia Erawati, Darma)