Kunjungan Bagian Penerbitan Sekretaris Jenderal DPR RI ke Perpustakaan UBB

Kunjungan Bagian Penerbitan Sekretaris Jenderal DPR RI ke Perpustakaan UBB

Balunijuk, Perpustakaan UBB - Sekitar pukul 09.59 rombongan Sekretaris Jenderal DPR RI, dari Bagian Penerbitan berkunjung ke Perpustakaan Universitas Bangka Belitung, rombongan dipimpin langsung oleh Kepala Bagian Penerbitan yaitu bapak Drs, Sunardi, MM, dan disambut langsung oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Perpustakaan Universitas Bangka Belitung,  ibu Dra. Rustinah beserta Pustakawan Universitas Bangka Belitung.

Sebelum membicarakan tujuan dari kunjungan tersebut, rombongan Sekretaris Jenderal DPR RI dari Bagian Penerbitan terlebih dahulu berkeliling melihat-lihat suasana di Perpustakaan Universitas Bangka Belitung, sambil berbincang-bincang tentang Perpustakaan Universitas Bangka Belitung.
Setelah berkeliling dan berbincang-bincang. Rombongan Sekretaris Jenderal DPR RI dari Bagian Penerbitan yang dipimpin oleh bapak Drs. Sunardi, MM. dan pihak Perpustakaan Universitas Bangka Belitung yang dipimpin oleh ibu Euis Asriani, M.Si. melakukan pertemuan di Ruang Referensi Perpustakaan Universitas Bangka Belitung, Gedung Babel IV, guna membicarakan maksud dan tujuan dari kedatangan rombongan tersebut.

Menurut pak Sunardi (sapaan untuk Drs, Sunardi, MM.) selaku pimpinan rombongan memaparkan beberapa hal terkait dengan tujuan dari kunjungan tersebut, yaitu untuk memonitoring dan mengevaluasi pendistribusian majalah dan buletin parlementaria kepada masayarakat. Menurut beliau, terkait hal tersebut, ada beberapa hal yang menjadi pertanyaan, pertama terkait dengan ketepatan waktu pendistribusian majalah dan buletin parlementaria ke Universitas Bangka Belitung. Kedua, jumlah eksemplar yang diterima oleh Universitas Bangka Belitung terkait majalah dan buletin parlementaria. Ketiga, minat baca masyarakat khususnya civitas akademika terhadap majalah dan buletin parlementaria. Dan yang terakhir masukan dari Perpustakaan Universitas Bangka Belitung dalam hal ini yang diwakili oleh Ibu Euis Asriani, M.Si. terhadap packaging dari majalah dan buletin parlementaria.

Pertanyaan yang disampaikan oleh Pak Sunardi selaku pimpinan rombongan dalam kunjungan tersebut dijawab langsung oleh Kepala Perpustakaan Universitas Bangka Belitung, ibu Euis Asriani, M.Si. Sebelum memberikan jawaban atas pertanyan tersebut, beliau terlebih dahulu mengucapkan selamat datang kepada rombongan Sekretaris Jenderal DPR RI dari bagian penerbitan, kedatangan rombongan tersebut merupakan sebuah kehormatan bagi Universitas Bangka Belitung, khususnya Perpustakaan. Menurut beliau, perpustakaan Universitas Bangka Belitung mulai menerima majalah dan buletin parlementaria sejak tahun 2011, dan sampai sekarang ketepatan waktunya masih belum konsisten, majalah dan buletin tersebut terkadang datangnya di awal dan juga pertengahan bulan. Sedangkan untuk jumlah eksemplar yang diterima oleh Universitas Bangka Belitung adalah 2 eksemplar, satu eksemplar berada di Rektorat dan satunya di Perpustakaan. Sedangkan terkait dengan minat baca terhadap majalah dan buletin parlementaria, ibu Euis Asriani menjelaskan bahwa untuk bukti berdasarkan data terkait dengan access dan minta baca masyarakat terhadap majalah dan buletin parlementaria, Perpustakaan Universitas Bangka Belitung tidak memilikinya karena keterbatasan perpustakaan untuk selalu memantaunya, namun berdasarkan pengamatan secara kasat mata, majalah dan buletin tersebut hanya diakses oleh kalangan tertentun saja. Dan untuk packaging dari majalah dan buletin parlementaria menurut ibu Euis (Panggilan untuk kepala Perpustakaan) jika dibandingkan dengan majalah dan buletin lainya  yang dimiliki perpustakaan, majalah dan buletin parlementaria memiliki packaging yang begitu bagus dan menarik.

Setelah menjawab semua pertanyaan tersebut, nampaknya ibu Euis tidak memanfaatkan pertemuan tersebut untuk mengembangan jejaring Perpustakaan Universitas Bangka Belitung, berbagai peluang dijajaki guna kemajuan Universitas Bangka Belitung, khususnya Perpustakaan Universitas Bangka Belitung. Suasana yang santai dan penuh dengan candaan hadir selama pertemuan tersebut berlangsung, dan pertemuan tersebut diakhiri dengan penyerahan plakat dari Sekretaris Jenderal DPR RI dari bagian Penerbitan yang diwakili oleh bapak Dra. Sunardi, MM. kepada Perpustakaan Universitas Bangka Belitung yang diwakili oleh ibu Eusi Asriani, M.Si.(Jan Frist Pagendo Purba, Arja Kusuma)