Pelaksanaan Pendidikan Pemakai (User Education) di UPT Perpustakaan UBB

Pelaksanaan Pendidikan Pemakai (User Education) di UPT Perpustakaan UBB

UPT Perpustakaan UBB dibulan September ini mengadakan Pendidikan pemakai bagi mahasiswa baru yang ada di Universitas Bangka Belitung. Pendidikan pemakai sendiri menurut para ahli adalah suatu pengetahuan dan keterampilan mengenai sistem layanan, susunan koleksi, penggunaan kartu katalog, kegunaan klasifikasi dan nomor kode, dan berbagai kelengkapan koleksi yang sudah selesai diolah dan disusun pada tempat (rak dan tempat yang lain), serta berbagai petunjuk yang berkaitan dengan sumber informasi. Kegiatan Pendidikan pemakai diikuti sebanyak 1427 mahasiswa baru dilingkungan  UBB, pada pelaksanaan Pendidikan pemakai dimulai dari tanggal 15 september sampai dengan 22 september 2021 kegiatan Pendidikan pemakai ini diatur oleh para pustakawan UBB menjadi 3 sesi setiap hari selama 6 hari.

Mahasiswa baru sebagai peserta diminta untuk mendaftarkan diri melalui google form yang telah disediakan, mahasiswa juga dapat memilih hari, tanggal dan jam berapa dapat mengikuti Pendidikan pemakai yang diinginkan, hal ini dipersiapakan oleh Pustakawan dikarenakan jadwal kuliah mahasiswa berbeda beda dan tidak menggangu jadwal perkuliahan. Pendidikan pemakai juga dilakukan melalui virtual sama seperti tahun sebelumnya menggunakan google meet mengapa? karena pandemic covid-19 yang belum juga mereda dan Pustakawan sudah terbiasa menggunakan google meet. Dalam hal pelaksanaan selama 2 hari ini yaitu pada tanggal 15 dan 16 septermber antusias mahasiswa juga terlihat dalam menggikuti webinar Pendidikan pemakai yang dilakukan UPT Perpustakaan UBB. Adapun dalam webinar materi yang di presentasikan yaitu mengenai lingkungan perpustakaan, layanan yang ada di perpustakaan baik yang bersifat offline maupun layanan online, praktek virtual penggunaan layanan serta tata tertib UPT Perpustakaan UBB.

Ada sebanyak 5 Pustakawan UPT Perpustakaan yang ikut serta menjadi fasilitator dalam webinar Pendidikan pemakai, webinar ini juga menyediakan sertifikat elektronik dimana sertifikat ini didapatkan jika mahasiswa mengikuti seluruh jalannya webinar Pendidikan pemakai disetiap sesinya, dimana mahasiswa harus mengisi link absensi dan link evaluasi yang telah disediakan dan secara otomatis sertifikat elektronik terkirim ke email peserta webinar. Semoga pelaksaan webinar Pendidikan pemakai di UPT Perpustakaan berjalan dengan lancar sampai dengan selesainya acara webinar ini (Janfrist Purba)